E-mail : pasek.trunyan@gmail.com
=

Filsafat Mana yang Banyak Berpengaruh di Indonesia

Ngeloang Capah
Sad Darsana berarti enam system filsafat. Filsafat itu sendiri merupakan aspek rasional dari agama. Karenanya filsafat tidak bisa dipisahkan dari agama. Dengan filsafat kita didorong untuk mencari kebenaran melalui pencarian rasional. Filsafat juga menunjukkan jalan untuk mendapatkan pembebasan diri penderitaan serta memperoleh kekekalan atau kebahagian abadi. Melalui filsafat akan muncul pertanyaan-pertanyaan filosofis tentang diri, tentang hakikat manusia, alam, penciptaan, kematian dan sebagainya. Dengan banyak bertanya melaui filsafat disertai perenungan yang dalam maka akan terlahir kesadaran akan kebenaran sejati. Maka apa yang disebut sebagai Sad Darsana tidak lain merupakan enam system filsafat India yang bersifat ortodox dan sepenuhnya mempercayai sekaligus mendasarinya pada kebenaran Weda (Astika).

Kebalikannya adalah system filsafat heterodox yang tidak mempercayai otoritas Weda (Nastika) seperti filsafat Carwaka, Jaina dan Bhuda. Tentang filsafat Sad Darsana sendiri meliputi : Nyaya, Waisesika, Sankhya, Yoga, Mimamsa dan Wedanta.

Kesemua aliran filsafat yang terkelompok dalam Sad Darsana ini menyajikan pandangan masing-masing secara berbeda-beda tetapi menuju satu tujuan. Seseorang bisa saja mencapai melalui yoga misalnya atau dengan cara wedanta, tetapi akhir dari pencariannya adalah mencapai pengetahuan tentang Tuhan. Soal perbedaan metoda dan cara pendekatan yang berbeda-beda pada setiap filsafat itu hanyalah bentuk penyesuaian dengan temperamen kemampuan dan kualitas mental setiap individu. Dan pada dasarnya pula, setiap system filsafat merupakan tahapan atau anak tangga di jalan spiritual. Yang jelas, filsafat yang tergolong ke dalam Sad Darsana mempunyai keterkaitan amat erat dengan Weda, maka tentu dapat dikatakan keenam system filsafat India itu merupakan bentuk praktis dalam upaya umat untuk melakukan pencarian kebenaran dan atau pendakian spiritual.

Lalu perihal filsafat atau darsana mana yang banyak mempengaruhi Hindu di Indonesia tidaklah bisa di jawab dengan prosentase. Sebab sebagai suatu aliran filsafat yang bisa dengan bebas dipilih dan dijadikan jalan hidup oleh setiap individu, tertentu setiap orang akan berbeda-beda prosentasenya. Tetapi soal pengaruhnya di Indonesia keseluruhan Sad Darsana diterima oleh umat Hindu dengan tidak lagi memilah-milah pada darsana mana filsafat itu terkelompok.

No comments:

Post a Comment