E-mail : pasek.trunyan@gmail.com
=

Sad Ripu

Sad Ripu adalah enam jenis sifat yang tidak baik. Sad Ripu berasal dari kata “Sad” yang berarti enam dan “Ripu” yang berarti musuh. Jadi Sad Ripu berarti enam musuh yang ada di dalam diri manusia. Umat Hindu, seyogyanya dapat melenyapkan Sad Ripu yang ada dalam dirinya.

Enam jenis musuh yang harus dibasmi dari dalam diri manusia itu adalah :

1. Kama atau Hawa Nafsu
Setiap orang tentu mempunyai nafsu. Tetapi nafsu itu harus dikendalikan. Umat manusia harus dapat mengendalikan hawa nafsunya agar tidak menghacurkan dirinya sendiri. Hawa nafsu yang tidak terkendali bukan saja akan merusak dirinya sendiri, tetapi juga dapat pula mesusahkan orang lain. Karena itu agama Hindu mengajarkan agar umatnya selalu mengendalikan panca indrianya, mengendalikan dan mengekang hawa nafsu.

2. Loba atau Rakus
Orang yang rakus selalu ingin memiliki lebih dari apa yang sepantasnya dimiliki. Keinginan untuk memiliki yang berlebihan itu akan dipenuhinya dengan jalan apapun, meski bertentangan dengan ajaran agama. Umat Hindu hendaknya menjauhkan diri dari perbuatan rakus, karena perbuatan itu bukan saja menyusahkan orang lain, tetapi pada gilirannya dapat menyusahkan dirinya sendiri.

3. Kroda atau Marah
Umat Hindu semestinya dapat mengendalikan diri dan tidak lekas marah. Perbuatan marah dapat menyusahkan atau menimbulkan kekecewaan bagi orang lain. Karena itu manusia perlu mengendalikan diri dan menghindari perbuatan marah itu.

4. Moha atau bingung
Pikiran yang bingung tidak dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk. Kecendrungan orang yang bingung adalah selalu berbuat yang negative dan menyusahkan orang lain sampai kepada membunuh orang lain atau membunuh dirinya sendiri. Agar tidak terjadi kebingungan, manusia hendaknya selalu mengendalikan dirinya, selalu mentaati ajaran-ajaran agamanya, sehingga dapat hidup tenang dan tenteram.

5. Mada atau Mabuk
Orang yang mabuk akan lupa dengan dirinya sendiri maupun kawan-kawannya. Dalam keadaan demikian orang itu akan cenderung untuk berbuat yang merugikan orang lain dan dirinya sendiri. Umat Hindu hendaknya selalu menjauhkan diri dari perbuatan mabuk.

6. Matsarya atau Irihati
seseorang belum tentu senang melihat orang lain hidup berbahagia. Belum tentu senang melihat orang lain hidup berkecukupan. Orang itu mungkin merasa disaingi atau merasa dikalahkan gengsinya, sehingga timbul rasa irihatinya. Akibatnya timbullah rencana jahat untuk mengalahkan saingannya dengan berbagai cara. Perbuatan ini tidak sesuai dengan ajaran agama. Umat hindu hendaknya menjauhkan diri dari perbuatan semacam itu.

Didamping Sad Ripu termasuk diatas, kita juga mengenal apa yang dinamakan Sad Mitra. Keduanya mempunyai enam unsure yang sama, yaitu Kama, Loba, Kroda, Moha, Mada dan Matsarya, tetapi dengan pengertian yang berlawanan. Kalau Sad Ripu merupakan perilaku buruk (negatif), maka Sad Mitra adalah tata laku yang baik dalam pengertian yang fositif.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete