E-mail : pasek.trunyan@gmail.com
=

Memahami Ajaran Agama Hindu dan Mengamalkan Perbuatan Baik

Umat Hindu perlu memahami, mendalami bahkan menghayati ajaran agamanya dengan baik, sehingga dapat mengetahui etika atau norma-norma tata susila yang berlaku dalam masyarakat, disamping mengetahui mana yang boleh dilakukan dan mana yang patut dihindari. Karena itu mereka semestinya patut mengerti dan menguasai agamanya secara baik dan benar, meliputi Tatwa atau Filsafat, Susila atau Etika dan Upacara atau Ritual Agama Hindu.

Mereka tidak saja harus menguasai masalah upacara, tetapi juga harus mengerti perihal Susila dan Tatwa agamanya. Terkait dengan masalah Etika atau Susila, umat Hindu juga harus dapat mengamalkan ajaran tentang perbuatan (Subhakarma) dan menghindari perbuatan yang tidak baik (Asubhakarma).

Umat Hindu bukan saja perlu mendalami dan menghayati, tetapi juga harus dapat mengamalkan ajaran agamanya terutama yang berkaitan dengan Etika atau Susila Agama Hindu. Dalam hal ini mereka harus dapat melaksanakan ajaran tentang perbuatan yang baik atau Subhakarma. Mereka juga harus menyadari bahwa sesungguhnya Agama Hindu mengajarkan cukup banyak sikap, tindakan dan perilaku atau perbuatan yan baik itu, sehingga mereka semestinya dapat bermasyarakat dengan baik, dapat hidup saling asah, saling asih dan saling asuh serta dijauhkan dari saling sengketa yang tidak perlu.

Disamping itu agama Hindu juga memberikan tuntunan, jalan atau cara untuk dapat hidup berbahagia, hidup dengan tenang, tenteram dan damai, disamping juga jalan untuk mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sampai kepada menyatunya Atman dan Brahman. Semua cara atau jalan serta berbagai perbuatan baik yang patut diikuti dan perbuatan buruk yang perlu dihindari oleh umat Hindu. Termasuk jalan atau cara untuk mencapai kebahagiaan hidup yang patut diikuti, untuk dapat kiranya didalami, dikaji dan atau dihayati, sehingga dapat diamalkan atau dilaksanakan sebagaimana mestinya.

No comments:

Post a Comment