E-mail : pasek.trunyan@gmail.com
=

Upacara Upakara Agama Hindu

Banten

Agama Hindu banyak sekali mempunyai hari raya. Semua hari raya itu mengingatkan umat-Nya untuk mendekatkan diri ke hadapan Hyang Widhi Wasa memohon keselamatan dan tuntunan kehidupan, karena pada dasarnya semua yang ada itu adalah merupakan ciptaan Beliau. Manusia sebagai makhluk hidup yang paling sempurna dan tinggi tingkatannya, bila di bandingkan dengan sesama ciptaan-Nya, memegang peranan yang amat penting, yaitu sebagai subyek yang menciptakan keharmonisan dalam kehidupannya. Keharmonisan dimaksud adalah berupa keseimbangan antara lahir dan bathin.

Dalam ajaran agama Hindu, hal ini dilaksanakan melalui upacara. Upacara merupakan salah satu kerangka dari agama Hindu yang paling jelas kegiatannya dapat disaksikan dimasyarakat. Pelaksanakan upacara tidak dapat dipisahkan dengan etika (susila) dan tattwa (filsafat).

Karena ketiga kerangka agama itu merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Semua agama mempunyai upacara. Tanpa upacara, maka kegiatan agama itu tidak akan tampak kehidupannya di masyarakat.

Upacara dalam agama Hindu, adalah merupakan rangkaian kegiatan manusia dalam usaha menghubungkan diri dengan Hyang Widhi Wasa guna memohon tuntunan hidup dan keselamatan secara lahir dan bathin. Dalam pelaksanaan upacara-upacara tersebut, dilengkapi dengan upakara, banten, atau sesajen, yang fungsinya sebagai sarana konsentrasi atau pemusatan pikiran, karena telah diyakini bahwa kemampuan manusia sangat terbatas adanya. Semua jenis upakara mengandung makna simbolis filosofis yang tinggi dan mendalam, bila di kaji secara mendalam lagi.

3 comments: