E-mail : pasek.trunyan@gmail.com
=

Brahmacari

Brahmacari di urai dari kata brahma dan cari. Brahma artinya ilmu pengetahuan. Sedangkan Cari (Carya) berasal dari bahasa sansekerta “Car” artinya bergerak (tingkah laku). Jadi, Brahmacari berarti tingkah laku manusia dalam masa menuntut ilmu pengetahuan. Agar dapat memusatkan jiwa raga dan pikiran dalam menuntut ilmu pengetahuan maka seorang brahmacari dilarang menikah, berdagang, dan berpolitik. 

Disamping itu mereka harus dapat mematuhi segala nasehat dan perintah dari gurunya. 

Perkawinan Brahmacari dapat dibagi menjadi tiga jenis : 

a. Sukla Brahmacari Sukla Brahmacari adalah orang yang tidak pernah kawin selama hidupnya (sejak kecil sampai meninggal dunia). Dalam cerita Mahabratha yang melaksanakan sukla brahmacari (tidak kawin) adalah Prabhu Bhisma, begitu juga dalam cerita Ramayan yang melaksanakan Brahmacari (tidak kawin) adalah Sang Laksamana. 

b. Sewala Brahmacari Sewala Brahmacari adalah orang yang kawin hanya sekali dalam hidupnya. Walaupun suami/istri meninggal dunia. Dalam cerita Ramayana yang kawin hanya sekali adalah Sang Rama. 

c. Tresna atau Kresna Brahmacari Tresna atau Kresna Brahmacari adalah orang yang kawin lebih dari satu kali dan paling banyak empat kali, dan semuanya istri yang sah.

No comments:

Post a Comment