E-mail : pasek.trunyan@gmail.com
=

Sad Atatayi

Sad Atatayi adalah enam jenis perbuatan yang kejam. Sad Atatayi berasal dari kata “Sad” yang berarti enam dan “Atatayi” yang berarti kejam. Dengan demikian Sad Atatayi diartikan sebagai enam perbuatan yang kejam dan ini adalah kelemahan atau musuh dalam diri manusia. Kelemahan tersebut hendaknya ditiadakan.

Adapun enam perbuatan kejam yang dianggap sebagai musuh dalam diri manusia dan harus dijauhi adalah :

1. Agnida atau sikap kejam karena suka membakar milik orang lain. Tidak semua orang senang melihat orang lain senang. Tidak semua orang suka melihat orang lain memiliki sesuatu barang yang bagus. Orang itu cenderung iri hari atau dengki melihat orang lain memiliki barang itu. Karena itu timbul pikiran buruk untuk membakar barang milik orang lain dimaksud. Orang seperti ini tergolong sebagai orang yang sangat kejam, karena dapat merusak milik orang lain, dapat mengakibatkan pemiliknya menjadi susah. Seyogyanya manusia dapat mengontrol peribadinya agar tidak berbuat yang bententangan dengan ajaran agama dan menghindari perbuatan yang dapat menyusahkan oprang lain.

2. Wisada atau sikap kejam karena suka meracun. Perbuatan meracun adalah perbuatan yang disengaja, dengan tujuan untuk membunuh orang lain. Karena itu perbuatan ini digolongkan sebagai perbuatan yang sangat kejam karena dapat menyebabkan jiwa manusia melayang. Perbuatan ini bertentangan dengan dan karena itu dilarang oleh agama Hindu.

3. Atharwa atau sikap kejam karena suka bermain black magic atau ilmu hitam. Tujuannya adalah untuk membuat seseorang menjadi sakit atau susah sampai meninggal dunia. Perbuatan ini dianggap sebagai perbuatan yang kejam dan karena itu dilarang oleh agama.

4. Sastraghma atau sikap kejam karena suka mengamuk. Perbuatan ini timbul karena pikiran yang buntu dan kacau atau sedang bingung serta putus asa, sehingga tidak bisa menemukan pemecahan atas sesuatu persoalan yang dihadapi. Sikap seperti ini dapat menimbulkan kekacauan dan kepanikan karena bisa jadi orang yang sedang ngamuk membunuh orang lain. Karena itu perbuatan ini digolongkan sebagai perbuatan yang sangat kejam dan dilarang oleh agama.

5. Dratikrama atau sikap kejam karena suka memperkosa orang lain. Perbuatan ini sama dengan perbuatan binatang, karena dilakukan tanpa perasaan malu dan hanya berdasarkan nafsu. Perilaku seperti ini sangat menyusahkan orang lain dan dikatagorikan sebagai perbuatan kejam dan karena itu dilarang oleh agama.

6. Raja Pisuna atau sikap kejam karena suka mempitnah. Fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Fitnah dapat mencelakakan dan dapat menimbulkan rasa benci kepada orang yang difitnah. Fitnah dapat menyusahkan orang lain. Karena itu perbuatan serupa ini dilarang oleh agama.

Enam jenis perbuatan kejam termaksud diatas, disamping merupakan kelemahan dalam diri manusia, juga sangat bertentangan dengan ajaran Agama Hindu. Karena umat Hindu hendaknya menjauhkan diri dari enam jenis perbuatan kejam itu.

2 comments:

  1. I wish to have an exchange link with you.
    http://cebuimage.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete